Rabu, 28 Desember 2016

MATERI BAKTERI KELAS X





teori kebenaran filsafat

Model pembelajaran ASSURE



Nama Mahasiswa        : Joko Suyamto             
 NIM                           : S831608025
 Tugas                          : Teknologi dan Media Pembelajaran
 Dosen                         : Dr. Sarwanto








 
E-Learning materi Bakteri dengan Model ASSURE
Menurut Smaldino, dkk. (2005:49) model ASSURE adalah salah satu model yang dapat menuntun pembelajar secara sistematis untuk merencanakan proses pembelajaran secara efektif. Model ASSURE pada pelaksanaannya memadukan penggunaan teknologi dan media di ruang kelas.
A = Analyze learner characteristic (menganalisis karakteristik pebelajar)
Menurut Anitah (2009: 210) langkah yang pertama adalah mengidentifikasi karakteristik pebelajar.
a.Karakteristik umum
Karakteristik umum meliputi faktor-faktor usia, tingkat pendidikan, pekerjaan/ posisi, kebudayaan dan sosial ekonomi. Dengan analisis pebelajar akan membantu pemilihan metode dan media pembelajaran yang sesuai. Karakteristik objek pada kelas X IA 1  yang diamati memiliki kaateristik sebagai berikut :
Usia
Nilai
16 tahun
24 anak
60- 70
15
17 tahun
5 anak
71 -80
12
18 tahun
1 anak
81-100
3
Dari tabel diatas bahwa siswa memiliki nilai di bawah KKM yang ditetapkan adalah 71. Siswa rata-rata adalah berusia 16-18 tahun, dan dari berbagai daerah. Siswa umumnya berasal dari keluarga ber ekonomi menengah kebawah, dan mempunyai latar belakang pendidikan yang berbeda, baik dari MTs, maupun dari SMP.
b.Kemampuan Awal
Guru melakukan ferifikasi tentang kemampuan awal pebelajar secara informal (seperti interview atau pertanyaan-pertanyaan dalam kelas), atau secara formal (seperti tes terstandar atau tes buatan guru). Dalam pembelajaran biologi siswa sudah mendapatkan materi tersebut sejak SMP, tetapi pembelajaran tersebut masih bersifat terpadu. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan awal siswa dilakukan tes kemampuan awal. Kemampuan awal yang harus dimiliki siswa dalam penerapan pembelajaran berbasis internet adalah kemampuan siswa menggunakan IT/ komputer. Kemampuan yang lain adalah kempuan menggunakan internet.
c.Gaya Belajar
Gaya belajar berkenaan dengan pengelompokan sifat-sifat psikologis yang menentukan bagaimana seorang individu merasakan berinteraksi dengan, dan merespon secara emosional pada lingkungan belajar. Gaya belajar siswa berbeda beda ada yang gaya belajar visual, auditori, maupun kinestetik. Gaya belajar yang bermacam-macam mewajibkan untuk menggunakan media dan metode yang sesuai dengan gaya belajar tersebut.
d. Kebiasaan Memproses Informasi
Kategori ini termasuk variabel-variabel yang berkaitan dengan bagaimana kecenderungan pebelajar memproses informasi. Penggunaan internet dalam pembelajaran dapt membantu mempercepat proses interaksi materi.