Angket Intensitas Belajar
A.
Identitas Responden
Nama Siswa :
.....................................................
Kelas :
.....................................................
Jenis Kelamin :
.....................................................
B.
Definisi konseptual : Intensitas
belajar adalah keseringan atau keseriusan dan penuh semangat dalam belajar.
C.
Definisi operasional : Intensitas belajar meliputi dua aspek yaitu keteraturan belajar, yang
terdiri dari: Selalu mengikuti pelajaran, mengulangi membaca di rumah apa yg
sudah dipelajari di sekolah, memiliki buku catatan pelajaran, serta menyusun
perlengkapan yang digunakan untuk belajar, dan kedisiplinan belajar, yang
terdiri dari: Disiplin dalam menepati jadwal belajar yg telah disusun sendiri,
disiplin dalam mengatasi godaan yang akan menunda-nunda waktu belajar, disiplin
untuk menumbuhkan kemauan dan semangat belajar di rumah maupun di sekolah,
serta disiplin menjaga kondisi fisik agar selalu sehat.
D.
Kisi-kisi
Kisi-Kisi Angket Intensitas Belajar
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Jumlah
Item
|
|
+
|
-
|
|||
Intensitas Belajar
|
1. Keteraturan belajar
|
- Selalu mengikuti
pelajaran
- Mengulangi membaca di
rumah apa yg sudah dipelajari di sekolah
- Memiliki buku catatan
pelajaran
- Menyusun perlengkapan
yang digunakan untuk belajar
|
4, 5
13, 29, 30
8, 28
9
|
3, 21
7, 20
23, 32
19, 22
|
2. Kedisiplinan belajar
|
- Disiplin dalam menepati
jadwal belajar yg telah disusun sendiri
- Disiplin dalam mengatasi
godaan yang akan menunda-nunda waktu belajar.
- Disiplin untuk
menumbuhkan kemauan dan semangat belajar di rumah maupun di sekolah
- Disiplin menjaga kondisi
fisik agar selalu sehat
|
2
24, 25
1, 11, 12
14, 31
|
17, 18, 27
10, 15
16, 26
6
|
|
Jumlah
|
16
|
16
|
E.
Keterangan
1.
Angket ini
diberikan kepada saudara untuk memenuhi penyelesaian tugas akhir study saya.
2.
Kesediaan
saudara untuk mengisi angket ini merupakan sumbangan yang sangat berharga atas
terselesainya penelitian yang saya lakukan.
3.
Penelitian
angket ini tidak ada hubungannya dengan prestasi sekolah saudara, untuk itu
isilah angket ini dengan sejujur- jujurnya sesuai dengan keadaan saudara.
4.
Isian angket
saudara akan terjamin kerahasiaannya.
5.
Atas kesediaan
saudara dalam mengisi angket ini saya mengucapkan terima kasih.
F.
Petunjuk Mengerjakan
1.
Bacalah pernyataan-peryataan pada lembar berikut ini.
2.
Berilah tanda (√) pada salah satu alternatif jawaban yang
tertera di kolom sebelah kanan dari setiap pernyataan.
Kolom terdiri dari
(4) pilihan dengan tanda arti sebagai berikut :
SL : Selalu
S : Sering
KD : kadang-kadang,
TP : Tidak
Pernah
3.
Seumpama ada
pernyataan yang secara kenyataan anda belum mengalaminya, anda dapat
membayangkan bila suatu saat anda mengalaminya dan memperkirakan reaksi anda
terhadap hal tersebut.
G.
Angket
Angket Intensitas Belajar Peserta Didik
No
|
Pernyataan
|
SL
|
S
|
KD
|
TP
|
1.
|
Saya selalu
semangat berangkat sekolah setiap hari.
|
|
|
|
|
2.
|
Saya tidak
pernah terlambat masuk sekolah.
|
|
|
|
|
3.
|
Ketika jam
istirahat saya lebih memilih ke perpustakaan daripada ke kantin.
|
|
|
|
|
4.
|
Saya selalu
memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan.
|
|
|
|
|
5.
|
Saya selalu
mengerjakan tugas tugas yang diberikan oleh guru
|
|
|
|
|
6.
|
Ketika saya
sakit saya tetap berusaha masuk sekolah
|
|
|
|
|
7.
|
Ketika jam
kosong saya tetap belajar didalam kelas.
|
|
|
|
|
8.
|
Saya memiliki
koleksi buku catatan yang lumayan banyak.
|
|
|
|
|
9.
|
Setelah
belajar saya selalu merapikan tempat belajar dan buku buku yg digunakan untuk
belajar
|
|
|
|
|
10.
|
Pulang sekolah
saya jalan jalan bersama teman teman
|
|
|
|
|
11.
|
Saya suka
berkonsultasi dengan guru jika menemukan kesulitan dalam pelajaran.
|
|
|
|
|
12.
|
Saya senang
jika mengikuti jam tambahan belajar di sekolah.
|
|
|
|
|
13.
|
Setiap malam
saya menyiapkan materi belajar untuk hari berikutnya.
|
|
|
|
|
14.
|
Sebelum
berangkat sekolah saya selalu sarapan agar kuat dalam belajar disekolah.
|
|
|
|
|
15.
|
Jam
kegiatan bermain saya lebih banyak daripada kegiatan belajar.
|
|
|
|
|
16.
|
Ketika
hari senin saya malas berangkat sekolah.
|
|
|
|
|
17.
|
Saya langsung
mau diajak teman jalan jalan ketika saya sedang belajar.
|
|
|
|
|
18.
|
Ketika ulangan
saya pernah menyontek.
|
|
|
|
|
19.
|
Tempat belajar
saya dirumah acak acakan/ berantakan
|
|
|
|
|
20.
|
Ketika dirumah
saya tidak pernah belajar
|
|
|
|
|
21.
|
Saya pernah
membolos sekolah.
|
|
|
|
|
22.
|
Saya meninggalkan
buku catatan saya di laci meja sekolah dan tidak pernah dibawa pulang
|
|
|
|
|
23.
|
Karena tulisan
saya berantakan, saya malas mencatat.
|
|
|
|
|
24.
|
Saya selalu
memperhatikan pelajaran di kelas ketika guru sedang menerangkan.
|
|
|
|
|
25.
|
Ketika guru
tidak masuk kelas, saya tetap mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh
guru.
|
|
|
|
|
26.
|
Saya
mengerjakan PR di kelas pagi-pagi sebelum dikumpulkan kepada guru.
|
|
|
|
|
27.
|
Saya memilih
keluar kelas jika guru tidak masuk kelas.
|
|
|
|
|
28.
|
Saya meminjam
catatan pelajaran teman untuk melengkapi catatan pelajaran saya
|
|
|
|
|
29.
|
Sebelum tidur
saya menyempatkan membaca buku catatan saya.
|
|
|
|
|
30.
|
Ketika bangun
tidur, saya membaca kembali buku catatan saya meskipun hanya sebentar.
|
|
|
|
|
31.
|
Pada hari
libur, saya meluangkan waktu untuk berolahraga.
|
|
|
|
|
32.
|
Saya hanya
mencatat pelajaran ketika diawasi oleh guru.
|
|
|
|
|
TERIMA KASIH
DAN SELAMAT MENGERJAKAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar